Chinese Work Of Art.. 中国艺术作品.. Karya Seni Cina..
100% Oriental
.... 100% Original.... 100% Antique....

Jumat, 01 Maret 2013

Patung Kwan Kong 关公

 Guan Di secara umum disebut Guang Gong / Kwan Kong (Hokkian), yang artinya paduka Guan, adalah seorang panglima perang kenamaan yang hidup pada zaman San Guo (221-269M). Nama aslinya adalah Guan Yun Chan / Kwan In Tiang (Hokkian), oleh kaisan Han diberi gelar Han Shou Ting Hou. Kwan Kong dipuja karena kejujuran dan kesetiaannya. Dia adalah lambang atau tauladan ksatria sejati yang selslu menepati janji dan setia pada sumpahnya. Sebab itu Kwan Kong banyak dipuja masyarakat. Disamping klenteng-klenteng khusus, gambarnya banyak dipasang dirumah-rumah, toko, bank dll.
 
 Kwan Kong dipuja sebagai lambang kesetiaan dan  kejujuran, pelindung perdagangan, pelindung kesusastraan dan pelindung rakyat dari malapetaka peperangan. Julukan dewa perang diartikan sebagai dewa untuk menghindari peperangan yang menyengsarakan rakyat, karena sifatnya yang budiman.
Kwan Kong disebut dengan gelar "Di" yang artinya Maha Dewa atau Maha Raja dan disebut Paduka Maha Raja Guan.

Sebuah patung Kwan Kong yang sedang duduk diatas kursi porselen berglasir hijau celadon, tangan kanan memegang janggut dan tangan kiri memegang pedang.
    Tekstur dan detail patung yang sangat halus..
Good condition.


Tinggi 29cm, lebar 24cm.
100% original. Republic period.
SOLD