Chinese Work Of Art.. 中国艺术作品.. Karya Seni Cina..
100% Oriental
.... 100% Original.... 100% Antique....

Minggu, 27 Mei 2012

Peranakan Chinese Carved Gilt Wood Sign Board

Satu set papan kayu Cina Peranakan antik berukir syair dengan pewarnaan menggunakan emas atau kimpo, atau lebih populer dengan nama tui lian. Tui Lian merupakan salah satu bukti jejak sejarah Cina Peranakan di Indonesia. Barang ini didapatkan di salah satu kota di pesisir utara pulau Jawa, di rumah kuno seorang Kapiten pada jaman pendudukan Belanda.
 Syair yang terukir pada tui lian ini berbunyi budi kebajikan yang memberikan suri tauladan bagi keturunannya, yang artinya kurang lebih : "jasa yang terukir pada masa Dinasti Han, tidak mengenal lelah / berkeluh kesah, sehingga ia tersohor dan mendapat kekuatan seumur hidup".
Kondisi pertama kali ditemukan kotor dan kusam,, sehingga memerlukan proses pencucian supaya bersih.
Dari beberapa narasumber yang saya jumpai, syair yang terukir pada papan bagian tengah / atas tidak ada yang bisa membaca / menterjemahkan dengan alasan hurufnya terlampau kuno.
 Dimensi papan bagian tengah 45x84cm.
Ada retak, tapi sudah diperkuat dengan lem.
Tampak belakang..
Kondisi kedua papan ini termasuk perfect karena warna hitam dan emasnya masih asli, mulus tanpa cela. Dimensi 26,5x166cm.
 Tampak belakang..
 
 Gantungan terbuat dari material besi, sudah sangat berkarat dan erosi, mensiratkan usianya yang sudah sangat tua.
 
 Disetiap papan terdapat cap atau stempel, menandakan barang original dan lama. Biasanya merupakan nama dan periode pembuatannya.
 
 Diperkirakan dibuat pada abad 18 akhir. 100% original.
  SOLD