Chinese Work Of Art.. 中国艺术作品.. Karya Seni Cina..
100% Oriental
.... 100% Original.... 100% Antique....

Senin, 16 Juli 2012

A Peranakan Chinese Brown and Gold Bridal Bed

Inilah sebuah karya seni jejak sejarah Cina peranakan di Indonesia.
Sebuah ranjang pengantin Cina Peranakan dengan warna coklat dan emas (kimpo); atau lebih populer dengan sebutan "ranjang lokcan". 18th century.
Ranjang lokcan merupakan perlengkapan kamar pengantin pada keluarga kaya atau keluarga pejabat pada jaman dulu, sehingga mereka membuat yang terbaik, dan ditempatkan di kamar utama yang akan dipakai pada setiap seremonial acara pernikahan di keturunan-keturunan mereka. Dengan kuatnya pengaruh Eropa, tradisi ini hanya bertahan sampai awal abad 19 diganti dengan model yang sedang populer pada saat itu yaitu art nouveau, di indonesia lebih dikenal dengan sebutan semarangan.
Ranjang ini saya dapatkan dari keturunan seorang Kapiten Cina Peranakan di sebuah kota di pesisir pantai utara Pulau Jawa.
Dimensi 240 x 160 x 242 cm (PxLxT).
Bagian depan atas dihiasi berbagai ukiran perlambangan dalam metologi Cina yaitu ayam, burung, kupu, menjangan, meja altar dan keranjang bunga; diukir dengan ukiran 3 dimensi yang  sangat halus. 100% original.
  Warna coklat, prada dan gincu original.
 
 Ada sebagian kecil ukiran yang hilang.


Penggunaan warna merah pada furniture Cina menyimbulkan warna api dan darah yang dihubungkan dengan kemakmuran dan keberuntungan, juga sebagai simbol kebajikan, kebenaran dan ketulusan.

 Tampak langit-langit ranjang.
Terdiri dari dua dipan yang didempetkan, pada bagian tengah terdapat dua lubang yang diberi sepotong kayu pengunci supaya tidak bergeser. Menggunakan delapan tiang dilengkapi dua buah laci pada bagian tengah atas ranjang. Tidak menggunakan paku, full knokdown.
Ukiran khas oriental.
 Kaki berbentuk bunga dihiasi ukiran burung. 100% original.
Tampak samping.

 Pertama kali ditemukan, ada sebagian kayu yang keropos sehingga diganti dengan kayu jati tua. (dapat ditolelir karena ranjang ini sudah berusia ratusan tahun)
Saat proses pencucian..
Saat ini ranjang lokcan sudah termasuk barang langka, yang sudah sangat sulit ditemukan.
SOLD