Chinese Work Of Art.. 中国艺术作品.. Karya Seni Cina..
100% Oriental
.... 100% Original.... 100% Antique....

Rabu, 12 Februari 2014

Patung Cai Shen ( 財神 ) Antik

Sebuah patung perunggu antik Cina berupa patung Dewa Rejeki atau Cai Shen ( 財神 ) , dibuat dengan tekstur dan detail yang sangat halus.

Cai Shen ( 財神 ) atau Cai Shen Ye ( 財神爺 ) adalah dewa kekayaan, harta, atau rezeki dalam mitologi Cina.  Cai Shen dipuja sebagai dewa dalam kepercayaan tradisional masyarakat Cina, penganut Taoisme dan Agama Buddha aliran Tanah Suci. Pada versi yang paling terkenal, Cai Shen memiliki nama asli Zhao Gongming  atau Bigan. Zhao Gong Ming terkenal di kalangan masyarakat yang tinggal di negara-negara Asia seperti Singapura, Malaysia dan Indonesia.
  Cai Shen memiliki wilayah penghormatan yang luas. Altar untuknya, selain terdapat di kelenteng, juga terdapat di rumah-rumah penduduk biasa. Bertepatan dengan tahun baru imlek, setiap keluarga menyembayanginya dan mendoakan perlindungan dari dewa rejeki pada tahun mendatang.
Patina asli tua, bukan rekayasa.

  Motif kepala naga pada tangannya kursi dibuat dengan sangat detail dan halus.
 Kondisi utuh (tidak ada penyok).
Patung ini kami dapatkan dari sebuah kota kecil yang dulunya terdapat kelenteng tua, namun keberadaan kelenteng tersebut sudah tidak ada sejak lama.
 Warna original.
Tertera tulisan(fu) yang berarti berkah / rejeki.

 Terdapat sisa-sisa abu pembakan dupa yang menempel disela-sela patung.
Kaki kursi bermotif kepala dan kaki qilin dengan detail yang tegas dan rapih.
Dimensi 18 x 17 x 27cm (PxLxT).
Berat 4.750 gr.
   Bahan tidak berbau amis.
Ca 19th century. 100% original.

SOLD