Chinese Work Of Art.. 中国艺术作品.. Karya Seni Cina..
100% Oriental
.... 100% Original.... 100% Antique....

Selasa, 24 Oktober 2017

Sepasang Papan Lian "Panjang Umur"

Satu pasang papan lian antik terbuat dari 1 lembar papan kayu jati tua berukirkan huruf kanji dengan pewarnaan prada gincu berbunyi  "龜" dan "算 " yang berarti "usia kura-kura"dan "bangau menghitung.
   Orang-orang Cina telah sangat yakin bahwa banyak rahasia langit dan bumi tersembunyi di Kura-kura, karena pola rumit dan garis-garis pada cangkangnya. Oleh karena itu, kura-kura telah menjadi makhluk misteri dan sumber budaya berlimpah. Kura-kura juga melambangkan umur panjang, karena umurnya yang sangat panjang. Biasanya orang menggunakan metafora “umur kura-kura” atau “umur bangau” untuk mengungkapkan bahwa kehidupan seseorang akan selama umur kura-kura dan bangau. Sejak zaman dahulu, orang percaya bahwa kura-kura membawa keberuntungan, dan telah menjadi makhluk spiritual yang suci

 Bangau pun dipercaya sebagai simbol umur panjang, keterpelajaran, keningratan, keagungan, tekad yang kuat, kekayaan dan kekuasaan.

 Masing-masing terbuat dari 1 papan kayu jati tua berkualitas baik, berdimensi 90 x 55cm, tebal 3cm.
 
 Papan lian ini kami dapatkan di salah satu kota tua dipesisir pulau Jawa, dipasang diatas jendela di samping kanan dan kiri pintu utama rumah kuno Cina Peranakan.
 
 #saat di TKP
Saat proses pencucian :
    Prada dan warna original, masih sangat baik.
Perfect condition
Ca 1800. 100% original.
Layak koleksi
SOLD